VISITOR COUNTER

Kamis, 14 Januari 2010

Kabupaten Banyuwangi



Sekilas Kabupaten Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Banyuwangi. Kabupaten ini terletak di ujung paling timur Pulau Jawa, berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat. Pelabuhan Ketapang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pelabuhan Gilimanuk di Bali.

Pembagian Adminstratif
Kabupaten Banyuwangi terdiri atas 24 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan kecamatan di kabupaten Banyuwangi, antara lain adalah:
Kecamatan Songgon,
Kecamatan Sempu, (lihat Sempu, Banyuwangi)
Kecamatan Genteng, (lihat Genteng, Banyuwangi)
Kecamatan Glenmore,
Kecamatan Kalibaru ...

Letak GEOGRAFI
Banyuwangi adalah kabupaten terluas di Jawa Timur. Wilayahnya cukup beragam, dari dataran rendah hingga pegunungan. Kawasan perbatasan dengan Kabupaten Bondowoso, terdapat rangkaian Dataran Tinggi Ijen, dengan puncaknya Gunung Raung (3.282 m) dan Gunung Merapi (2.800 m), keduanya adalah gunung api aktif.
Bagian selatan terdapat perkebunan, peninggalan sejak jaman Hindia Belanda. Di perbatasan dengan Kabupaten Jember bagian selatan, merupakan kawasan konservasi yang kini dilindungi dalam sebuah cagar alam Meru Betiri. Pantai Sukamade, merupakan kawasan pengembangan penyu. Semenanjung Blambangan juga terdapat cagar alam Taman Nasional Alas Purwo.
Pantai timur Banyuwangi (Selat Bali) merupakan salah satu penghasil ikan terbesar di Jawa Timur. Di Muncar terdapat pelabuhan perikanan.
Sumber : Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk comment, mohon berikan saran terbaik anda buat kami sebagai masukan yg positif sehingga menjadi koreksi dan mampu menjadikan kami lebih baik kedepan. Thanks

free counters

ALEXA TRAFFIC RANKING

ADVERTISE

ADVERTISE
Service Air Riffle Call Minx : 08170654317
 
Copyright 2009 BSC. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan